RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : Sma Negeri 2 Salatiga
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan
norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar : 1. 1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji
Indikator :
· Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
· Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.
· Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan dengan kata-kata sendiri pengertian tentang sosiologi, objek sosiologi dan tujuan sosiologi.
2. menjelaskan sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan
3. mendeskrispsikan sejarah perkembangan sosiologi.
4. menjelaskan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
5. mendeskripsikan peran sosiolog dalam masyarakat.
B. Materi Pembelajaran
1. Hakikat sosiologi
2. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
3. Sejarah Perkembangan sosiologi dan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1.
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan b. Apresepsi Kelas dipersiapkan seperti absensi, kebersihan kelas, dan ketenangan. c. Memotivasi Siswa diberi penjelasan tentang pokok bahasan, pengertian, contoh, pemahaman materi yang akan dipelajari. d. Rambu-rambu belajar Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan akhir dari pembelajaran materi pada hari itu. | 10 menit | |
2. | Kegiatan Inti 1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat sosiologi, sosiologi sebagai ilmu, sejarah perkembangan sosiologi. 2. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 10, 12, dan 16. 3. Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai. | 30 menit | |
3. | Kegiatan Akhir a. Mengadakan post test b. Guru memberi tugas mengumpulkan artikel yang berhubungan dengan masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. | 10 menit |
Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan a. Apresepsi Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Siswa menjawab beberapa pertanyaan tentang masalah-masalah sosial yang dialaminya dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendengarkan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai. | 10 menit | |
2. | a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain dan peran sosiologi dalam realitas masyarakat. b. Siswa dan guru membuat bagan tentang hubungan sosiologi. c. Siswa menulis beberapa masalah sosial yang sering terjadi dalam masyarakat. d. Siswa membentuk kelompok diskusi kemudian mendiskusikan masalah sosial-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Masalah sosial bisa diambil dari buku halaman 25 -26. e. Siswa membacakan hasil diskusi kelompoknya, kemudian siswa lain menanyakan dan menyangga hasil diskusi kelompok. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas. f. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi kelompok. | 60 menit | |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi Guru memberi beberapa kesimpulan tentang kedudukan sosiologi dan perannya dalam masyarakat. b. Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal akhir bab untuk ulangan blok. | 10 menit |
Pertemuan 3
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan a. Apresepsi Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Guru memberitahu tentang tujuan ulangan blok dan memberi semangat pada siswa untuk mengerjakan soal yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. | ||
2. | Kegiatan Inti a. Siswa dibagikan soal yang telah dibuat oleh guru. Soal berupa hasil pilihan ganda, uraian dan juga skala sikap. b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaanny kepada gurunya untuk diperiksa. | ||
3. | Kegiatan Akhir c. Guru dan siswa menjawab bersama soal-soal yang sudah dijadikan bahan ulangan umum.. d. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempelajari bahan tentangn nilai dan norma sosial. |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 2- 30.
2. Masalah-masalah sosial
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan Konsep
4. Power Point
5. OHP
G. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 10, 12, dan 16.
2. Mengidentifikasi masalah sosial halaman 25.
3. Diskusi kelompok dalam buku halaman 25-26.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
4. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 27 – 30.
Mengetahui: Jakarta, _____________
_________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Guru Kelas/Bidang studi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar