RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMA Negeri 2 Salatiga
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester :
X I / 1
Standar Kompetensi :
1. Memahami struktur sosial serta
berbagai faktor penyebab konflik dan
mobilitas sosial.
Kompetensi Dasar :
1. 1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena
kehidupan masyarakat.
Indikator :
·
Menjelaskan hakikat
struktur dan deferensi sosial
·
Mengidentifikasi
deferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.
·
Mendeskrispsikan
berbagai pengaruh diferensiasi sosial yang terdapat dalam masyarakat.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1.
mendeskrispsikan
pengertian struktur sosial
2.
mengidentifikasi
diferensiasi sosial di masyarakat
3.
membedakan berbagai
pengaruh diferensiasi sosial berdasarkan pengamatan atau kasus yang terdapat di
masyarakat.
B. Materi Pembelajaran
1.
Struktur
sosial
2.
Diferensiasi
sosial
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
ket
|
1.
|
Pendahuluan
b.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan
beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan sosiologi yang telah dipelajari
di kelas X
c.
Memotivasi
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran tentang struktur dan diferensiasi
sosial dalam masyarakat.
d.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat gambaran tentang struktur sosial dan diferensiasi sosial
dalam bentuk skema.
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian , ciri struktur sosial,
fungsi, dasn bentuk struktur sosial. Siswa membuat catatan singkat
berdasarkan penjelasan guru.
b.
Siswa mengerjakan
tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 6.
c.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang diferensiasi sosial, dan bentuk-bentuk diferensiasi
sosial.
d.
Siswa mengerjakan
tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam
buku halaman 13.
e.
Siswa membentuk
kelompok kemudian membaca artikel dalam buku
halaman 14, kemudian mendiskusikan bersama teman-temannya.
f.
Siswa membacakan
hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu diskusi kelas.
g.
Siswa dan guru
membuat kesimpulan atas hasil diskusi kelompok.
h.
Siswa
mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai.
|
||
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa mengerjakan
evaluasi dalam buku halaman 15-18.
b.
Siswa diberi
tugas untuk mengamati masyarakat di sekitarnya, lalu mengelompokkan
masyarakat berdasarkan diferensiasi sosial. Kemudian siswa membuat
laporan atau tulisan.
|
E. Sumber
pembelajaran:
1. Buku Sosiologi
SMA kelas 2 ESIS halaman 2- 18.
2. Kehidupan dalam
masyarakat
3. Media massa seperti majalah,
koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan
Konsep
5. Power Point
6. OHP
G. Penilaian
1. Hasil pekerjaan
siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku 6 dan 13.
2. Hasil laporan
siswa tentang keadaan masyarakat.
3. Diskusi kelompok
dalam buku halaman 14
Berikut ini
format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK
PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
Aspek
yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah
skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17
= Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
1.
Aktivitas
dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2.
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3.
Pemikiran 6—8 = Cukup
4.
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5.
Keberanian tampil
4. Test pilihan
ganda dan uraian dalam buku halaman 15-18
Mengetahui: Jakarta, _____________
_____________________
______________________
Kepala Sekolah SMA
Guru Kelas/Bidang studi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar