RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :SMA Negeri 2 Salatiga
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester :
X I / 1
Standar Kompetensi :
1. Memahami struktur sosial serta
berbagai faktor penyebab konflik dan
mobilitas sosial.
Kompetensi Dasar :
1. 1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena
kehidupan masyarakat.
Indikator :
·
Mendeskrispsikan
stratifikasi sosial
·
Mengidentifikasi
macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.
·
Mendeskripsikan
berbagai pengaruh stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.
·
Membedakan
konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1.
menjelaskan latar
belakang timbulnya stratifikasi sosial
2.
menjelaskan dasar
dan unsur-unsur stratifikasi sosial
3.
menjelaskan sifat
dan fungsi stratifikasi sosial
4.
mengidentifikasi
berbagai bentuk stratifikasi sosial
5.
membedakan berbagai
pengaruh stratifikasi sosial berdasarkan, pengamatan atau kasus yang terdapat
di masyarakat.
B. Materi Pembelajaran
1.
Hakikat
Stratifikasi Sosial
2.
Wujud
Stratifikasi Sosial
3.
Sistem
Stratifikasi yang Pernah Ada di Indonesia
4.
Konsekuensi
Stratifikasi Sosial
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
b.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan
beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan struktur dan diferensiasi sosial.
c.
Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud pembelajaran tentang stratifikasi sosial.
d.
Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambaran tentang stratifikasi sosial yang ditampilkan
oleh siswa di power point atau OHP.
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
memperhatikan beberapa gambar dalam buku.
b.
Siswa menjawab
beberapa pertanyaan yang diajukan guru tentang hakikat stratifikasi sosial.
c.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat stratifikasi sosial, dan wujud
stratifikasi sosial.
d.
Siswa mengerjakan
tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 28 dan 32.
e.
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan pengaruh positif dan negatif
akibat adanya stratifikasi sosial di Indonesia.
f.
Siswa membacakan
hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi secara
klasikal.
g.
Siswa dan guru
menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama.
|
||
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa dan guru
membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.
b.
Siswa diberi
tugas untuk membuat kliping tentang stratifikasi sosial dan membuat laporan
tentang perbedaan prilaku di antara kelas-kelas sosial.
|
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan
beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan hakikat dan wujud stratifikasi
sosial..
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud pembelajaran tentang sistem stratifikasi yang
pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi sosial.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambaran dari guru tentang sistem stratifikasi yang
pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi sosial.
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang sistem stratifikasi yang pernah ada di
Indonesia dan konsekuensi stratifikasi dalam masyarakat.
b.
Siswa mengerjakan
tugas ”Uji Penguasaan Materi”
c.
Siswa membuat
bagan stratifikasi sosial dalam masyarakat tempat tinggalnya.
d.
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam buku
halaman 42-43.
e.
Siswa membacakan
hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.
f.
Siswa dan guru
membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.
|
||
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa dan guru
membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.
b.
Siswa membuat
tulisan tentang stratifikasi sosial dalam masyarakat.
c.
Siswa
mempersiapkan diri untuk ulangan blok.
|
Pertemuan
III
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan
tugas para siswa.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan
ulangan blok.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok.
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Siswa mendapatkan
soal-soal ulangan.
b.
Siswa mengerjakan
soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c.
Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.
|
||
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa dan guru
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa.
b.
Siswa diberi
tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.
|
E. Sumber
pembelajaran:
1. Buku Sosiologi
SMA kelas 2 ESIS halaman 20-48
2. Kehidupan dalam
masyarakat
3. Media massa seperti majalah,
koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan
Konsep
5. Power Point
6. OHP
G. Penilaian
1. Hasil pekerjaan
siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku 28 dan 32
2. Hasil laporan
atau tulisan siswa
3.
Diskusi kelompok
dalam buku halaman 42-43.
Berikut ini
format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK
PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
Aspek
yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30
= Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 =
Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17
= Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
1.
Aktivitas
dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2.
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3.
Pemikiran 6—8 = Cukup
4.
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5.
Keberanian tampil
4.
Test pilihan ganda
dan uraian dalam buku halaman 44 - 48.
Mengetahui: Jakarta, _____________
_____________________
______________________
Kepala
Sekolah SMA
Guru
Kelas/Bidang studi
Stainless Steel Magnets - titanium chopsticks - Titanium Arts
BalasHapusStainless Steel Magnets. Stainless Steel Magnets. 3,7" Stainless Steel titanium cerakote Magnets. where can i buy titanium trim $50.00. Type titanium flask - $0.50. Price: titanium pots and pans $0.00. raft titanium