RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :SMA Negeri 2 Salatiga
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : X I / 1
Standar
Kompetensi : 1. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural.
Kompetensi
Dasar : 2. 3. Menganalisis
keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural.
Indikator :
·
Mendeskripsikan pengertian masyarakat multikultural dan
multikulturalisme.
·
Menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam
masyarakat multikultural.
·
Menejalaskan pengeruh perubahan sosial terhadap
perkembagnan masyarakat multikultural.
·
Membedakan kelompok-kelompok sosial di masyarakat.
·
Melakukan pengamatan tentang kelompok sosial di
masyarakat.
Alokasi
Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.
menjelaskan pengertian masyarakat multikultural
2.
menganalisis dinamika kelompok dalam masyarakat
multikultural
3.
mendeskripsikan realitas masyarakat Indonesia sebagai
masyarakat multikultural.
B. Materi Pembelajaran
1.
Masyarakat Multikultural
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
- penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru
mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan siswa.
b.
Memotivasi
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari masyarakat
multikultural.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa
memperhatikan skema msyarakat multikultural.
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa menjawab pertanyaan tentang kelompok-kelompok
yang ada dalam masyarakat.
b.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang masyarakat
multikultural dan multikulturalisme dan faktor-faktor yang mempengaruhi
perlunya masyarakat multikultural.
c.
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam
buku halaman 160 dan 162.
d.
Siswa mengarang tentang masyarakat multikultural.
e.
Siswa merancang sebuah slogan atau kata mutiara yang
menggambarkan penilaiannya terhadap multikulturalisme.
f.
Siswa mengumpulkan tugasnya untuk diperiksa oleh guru.
g.
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang
masyarakat multikultural.
|
||
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru
secara lisan tentang masyarakat multikultural.
b.
Siswa diberi tugas untuk menyempurnakan karangannya
agar bisa dikirim ke media massa.
|
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru
mengumpulkan tugas berupa karangan
untuk diseleksi guru.
b.
Memotivasi
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan
mempelajari realitas sosial masyarakat Indonesia.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa
memperhatikan beberapa gambaran yang telah dibuat oleh guru tentang realitas
sosial dan mewujudkan masyarakat multikultural.
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan
dengan pengelompokkan masyarakat Indonesia.
b.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang
realitas sosial masyarakat Indonesia dan mewujudkan masyarakat multikultural.
Serta Manfaat masyarakat multikultural.
c.
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam
buku halaman 169 dan 170.
d.
Siswa membuat ulasan berdasarkan pengamatannya tentang
hal-hal positif yang ada dalam masyarakat.
e.
Siswa mendiskusikan artikel yang ada dalam buku halaman
172-173.
f.
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru
bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
g.
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi
yang sudah dipelajari.
|
||
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Siswa mengerjakan latihan atau evaluasi dalam buku
halaman 174-177.
b.
Siswa diberi tugas untuk mengerjakan tugas tentang
mafnaat yang dirasakan dalam kegiatan di sekolah. Dan merancang untuk
kegiatan diskusi atau seminar.
|
Pertemuan III
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
d.
Apresepsi
Guru
mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil
laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya.
e.
Memotivasi
Siswa
mendengarkan maksud diadakan ulangan
blok.
f.
Rambu-rambu
belajar
Siswa
mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok.
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.
b.
Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah
dibagikan.
c.
Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa
dan dinilai.
|
||
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
telah dikerjakan oleh siswa.
b.
Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah
dijadikan ulangan blok.
|
E.
Sumber pembelajaran:
1.
Buku
Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman 158-177
2.
Kelompok-kelompok
sosial dalam masyarakat
3.
Media
massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F.
Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan Konsep
5. Power Point
6. OHP
G.
Penilaian
1.
Hasil
pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
2. Tugas laporan wawancara siswa.
3. Test pilihan ganda dan uraian
dalam buku halaman 174-177.
4.
Diskusi
kelompok dalam buku halaman 172-173.
Berikut
ini format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
Aspek yang
dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30
= Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23
= Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17
= Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2.
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3.
Pemikiran 6—8 = Cukup
4.
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5.
Keberanian tampil
Mengetahui: Jakarta, _____________
_____________________
______________________
Kepala Sekolah SMA
Guru Kelas/Bidang studi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar