RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :SMA Negeri 2 Salatiga
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester :
X I / 2
Standar Kompetensi :
1. Menganalisis kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar :
2. 1. Mendeskripsikan berbagai kelompok
sosial dalam masyarakat
multikultural.
Indikator :
·
Mendeskripsikan
pengertian kebudayaan
·
Mengidentifikasikan
unsur-unsur kebudayaan.
·
Mendeskripsikan
hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
·
Mendeskripsikan
dinamika unsur-unsur kebudayaan.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1.
menjelaskan
pengertian kebudayaan.
2.
mengidentifikasi
unsur-unsur kebudayaan.
3.
mendeskripsikan
hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
4.
mendeskripsikan
dinamika unsur-unsur kebudayaan.
B. Materi Pembelajaran
1.
Kebudayaan
1. 1. Hakikat
Kebudayaan
1. 2. Hubungan
Antara Unsur-Unsur Kebudayaan Dalam Masyarakat.
1. 3. Dinamika
Unsur-Unsur Kebudayaan
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
- penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para siswa beberapa
pertanyaan yang berhubungan dengan mobilitas atau sosiologi.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari kebudayaan
dalam masyarakat.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema kebudayaan yang akan dipelajari oleh para
siswa.
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa menjawab
beberapa pertanyaan yang diajukan guru seputar kebudayaan. Misalnya,
kebiasaan, adat-istiada dalam suatu masyarakat, dan agama.
b.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kebudayaan.
c.
Siswa membuat
laporan hasil pengamatannya tentang kebudayaan dalam masyarakatnya.
d.
Siswa mengerjakan
tugas atau latihan ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 115.
|
||
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Siswa dan guru
membuat rangkuman tentang hakikat kebudayaan.
b.
Siswa diberi
tugas untuk mewawancarai pemuka masyarakat di lingkungannya tentang
kebudayaan yang berlaku dalam masyarakatnya.
|
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas hasil wawancara tentang kebudayaan. Kemudian
guru, mengumpan balik dengan pertanyaan tentang hakikat kebudayaan.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajarai hubungan
kebudayaan dengan masyarakat dan dinamika unsur-unsur kebudayaan.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang hubungan antara
unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat dan dinamikanya dalam masyarakat.
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa
memperhatikan unsur-unsur kebudayaan yang ditunjuk oleh guru berupa unsur
material kebudayaan. Misalnya, gambar candi, alat pertanian, dan orang sedang
berdoa.
b.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara unsur-unsur kebudayaan
dalam masyarakat dan dinamika unsur-unsur kebudayaan tersebut.
c.
Siswa mengerjakan
tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 125 dan 128.
d.
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok. Kemudian, mereka mendiskusikan artkel dalam buku
halaman 128-129.
e.
Siswa membacakan
hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara klasikal.
f.
Siswa dan guru
membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.
|
||
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa dan guru
membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.
b.
Siswa diberi
tugas untuk mengamati lingkungan masyarakatnya dan membuat laporan tentang
unsur-unsur kebudayaan. Siswa juga diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal
evaluasi seperti yang ada dalam buku halaman 130-134.
|
Pertemuan III
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
d.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan
hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya.
e.
Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan
ulangan blok.
f.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok.
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Siswa mendapatkan
soal-soal ulangan.
b.
Siswa mengerjakan
soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c.
Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.
|
||
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa dan guru
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa.
b.
Siswa diberi
tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.
|
E.
Sumber
pembelajaran:
1. Buku Sosiologi
SMA kelas 2 ESIS halaman 108-134.
2. Unsur-unsur
kebudayaan dalam masyarakat.
3. Media massa seperti majalah,
koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan
Konsep
5. Power Point
6. OHP
G. Penilaian
1.
Hasil
pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
2. Tugas laporan
wawancara siswa.
3. Test pilihan
ganda dan uraian dalam buku halaman
130-134
4.
Diskusi
kelompok dalam buku halaman 128-129.
Berikut ini
format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK
PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
Aspek
yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah
skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17
= Cukup
D. Baik Skor 4 6—11
= Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
1.
Aktivitas
dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2.
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3.
Pemikiran 6—8 = Cukup
4.
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5.
Keberanian tampil
Mengetahui: Jakarta, _____________
_____________________
______________________
Kepala Sekolah SMA
Guru Kelas/Bidang studi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar