RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :SMA Negeri 2 Salatiga
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester :
X I / 1
Standar Kompetensi :
1. Memahami struktur sosial serta
berbagai faktor penyebab konflik dan
mobilitas sosial.
Kompetensi Dasar :
1. 2. Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat.
Indikator :
·
Mendeskripsikan
berbagai pengaruh diferensiasi dan
stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.
·
Mengidentifikasi
berbagai konflik dalam masyarakat.
·
Membedakan konflik
dengan kekerasan dalam masyarakat
·
Mendeskripsikan
sebab-sebab terjadinya konflik di masyarakat.
·
Mendeskripsikan
proses terwujudnya integrasi dalam masyarakat.
·
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi integrasi sosial
·
Menjelaskan faktor
pendorong dan penghambat terwujudnya integrasi sosial.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan
dapat:
1.
Mendeskripsikan
berbagai pengaruh diferensiasi sosial dan stratitikasi sosial
2.
mengidentifikasi
berbagai konflik dalam masyarakat.
3.
mendeskripsikan
sebab-sebab terjadinya konflik
4.
mendeskripsikan
faktor pendorong integrasi sosial.
B. Materi Pembelajaran
1.
Pengaruh
Diferensiasi Sosial dan Stratifikasi Sosial
2.
Konflik
Sosial
3.
Integrasi
Sosial
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
- penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Ket.
|
1.
|
Pendahuluan
b.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan
beberapa pertanyaan tentang stratifikasi sosial dalam masyarakat.
c.
Memotivasi
Siswa mendengarkan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran
tentang konflik sosial.
d.
Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambaran tentang skema konflik sosial dan integrasi
sosial.
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
memperhatikan beberapa gambar dalam buku tentang konflik yang terjadi dalam
masyarakat. Atau siswa menonton film tentang konflik yang terjadi dalam
masyarakat.
b.
Siswa membentuk
kelompok lalu mendiskusikan masalah yang terjadi dalam film atau gambar
tersebut dengan pertanyaan panduan dalam buku halaman 54 dan 67.
c.
Siswa membacakan
hasil diskusinya di depan kelas, dan guru bertugas sebagai pemandu diskusi
kelas.
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang pengaruh diferensiasi sosial dan
stratifikasi sosial dan konflik sosial.
e.
Siswa mengerjakan
tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 54 dan 67.
f.
Siswa dan guru
membuat kesimpulan atas diskusi siswa.
|
||
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa dan guru
membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama yaitu
tentang pengaruh diferensiasi sosial, stratifikasi sosial dan konflik sosial.
b.
Siswa diberi
tugas untuk membuat kliping tentang konflik yang terjadi di tanah air dan
memberi komentar tentang artikel
tersebut.
|
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Ket.
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas kliping tentang konflik sosial yang telah dibuat
oleh siswa. Kemudian guru, mengumpan balik dengan pertanyaan untuk membahas
masalah konflik sosial.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran integrasi
sosial dalam masyarakat.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang potensi integrasi dalam
masyarakat dengan tipologi yang telah disebut di atas.
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang integrasi sosial.
b.
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan masalah konflik yang ada dalam
klipingnya. Siswa dapat memperhatikan
suruhannya dalam buku halaman 72-73.
c.
Siswa membacakan
hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara klasikal.
d.
Siswa
mensimulasikan pertikaian atau konflik yang terjadi dalam masyarakat.
e.
Siswa dan guru
membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelas.
f.
Siswa mengerjakan
tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 72.
|
||
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa dan guru
membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.
b.
Siswa mempelajari
masalah-masalah tentang Lumpur Lapindo kemudian membandingkan dengan artikel
yang ada dalam buku halaman 73.
|
Pertemuan III
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Ket.
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru bertanya tentang masalah integrasi sosial dalam masyarakat.
Masalah-masalah apa saja yang bisa menyebabkan konflik sosial.
b.
Memotivasi
Siswa diajak untuk membahas bersama kasus-kasus yang terjadi di negara
Indonesia yang dapat menyebabkan konflik sosial.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tujuan membahas kasus-kasus yang
dapat menyebabkan konflik sosial.
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru tentang integrasi sosial. (mengulang
penjelasan pada pelajaran yang lalu).
b.
Siswa dibagi
dalam kelompok kemudian mendiskusikan kasus Tragedi Lumpur Lapindo. Dalam
diskusi, siswa juga mengacu pada kasus-kasus lain yang terjadi akibat lumpur
Lapindo.
c.
Siswa membacakan
hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi klasikal.
d.
Siswa dan guru
membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.
|
||
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa dan guru
membuat rangkuman bersama secara keseluruhan tentang materi yang sudah
dipelajari.
b.
Siswa diberi
tugas untuk mengerjakan soal-soal evaluasi dalam buku halaman 75-78.
|
E.
Sumber
pembelajaran:
1. Buku Sosiologi
SMA kelas 2 ESIS halaman 50-78
2. Kasus-kasus atau
konflik sosial yang terjadi dalam masyarakat.
3. Media massa seperti majalah,
koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan
Konsep
5. Power Point
6. OHP
G. Penilaian
1. Hasil pekerjaan
siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku 54
dan 67
2. Tugas kliping
siswa.
3.
Diskusi kelompok
dalam buku halaman 54, 67,72, dan 73-74.
Berikut ini
format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK
PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
Aspek
yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah
skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17
= Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
1.
Aktivitas
dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2.
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3.
Pemikiran 6—8 = Cukup
4.
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5.
Keberanian tampil
Mengetahui: Jakarta, _____________
_____________________
______________________
Kepala Sekolah SMA
Guru
Kelas/Bidang studi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar