RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :SMA Negeri 2 Salatiga
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester :
X I / 1
Standar Kompetensi :
1. Memahami struktur sosial serta
berbagai faktor penyebab konflik dan
mobilitas sosial.
Kompetensi Dasar :
1. 3. Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas
sosial.
Indikator :
·
Mendeskripsikan
bentuk-bentuk mobilitas sosial di masyarakat
·
Membedakan
mobilitas sosial dengan gerakan sosial
·
Mendeskripsikan
proses terjadinya mobilitas sosial.
·
Mengidentifikasi
cara-cara yang dilakukan anggota masyarakat untuk mobilitas.
·
Mendeskripsikan
pengaruh mobilitas sosial terhadap kehidupan masyarakat.
·
Mendeskripsikan
hubungan antaa struktur sosial dengan mobilitas sosial.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1.
memahami konsep
mobilitas sosial (social mobility)
2.
mengetahui beberapa
bentuk mobilitas sosial
3.
mengerti faktor
penghambat mobilitas sosial
4.
mengetahui
cara-cara yang dapat dilakukan untuk mobilitas ke atas.
5.
mengatahui
saluran-saluran mobilitas.
6.
memahami konflik
dan penyesuaian sebagai konsekuensi mobilitas sosial.
B. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
mobilitas Sosial
2.
Bentuk
Mobilitas Sosial
3.
Fatkor
yang Mempengaruhi Mobilitas Sosial
4.
Cara Melakukan
Mobilitas Soosial dan Salurannya
5.
Hubungan
Mobilitas Sosial dengan Struktur Sosial
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
- penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan
beberapa pertanyaan tentang konflik sosial yang terjadi dalam masyarakat
Indonesia.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran mobilitas
sosial dalam masyarakat.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambaran skema mobilitas sosial.
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian mobilitas sosial, bentuk
mobilitas sosial, dan faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial.
b.
Siswa mengerjakan
tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 82, 85, dan 88.
c.
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok, kemudian mereka mendiskusikan faktor-faktor yang
menyebabkan para pendatang di Jakarta gagal memperbaiki status ekonominya.
d.
Siswa membacakan
hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara
klasikal.
e.
Siswa dan guru
membuat kesimpulan hasil diskusi kelas.
|
||
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa dan guru
membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama yaitu
tentang pengertian mobilitas sosial, bentuk-bentuk mobilitas, dan
faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial.
b.
Siswa diberi
tugas untuk mewawancarai masyarakat di sekitar rumah atau lingkungannya tentang mobilitas sosial. Faktor-faktor apa
saja yang menyebabkan mereka melakukan mobilitas sosial.
c.
Siswa membuat
dalam bentuk laporan singkat.
|
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas hasil wawancara. Kemudian guru, mengumpan balik
dengan pertanyaan tentang mobilitas sosial.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran integrasi
sosial dalam masyarakat.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang potensi integrasi dalam
masyarakat dengan tipologi yang telah disebut di atas.
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang cara melakukan mobilitas sosial dan
salurannya serta hubungan mobilitas sosial dengan struktur sosial.
b.
Siswa mengerjakan
tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 91 dan 93.
c.
Siswa mengerjakan
tugas mengidentifikasi bentuk-bentuk mobilitas vertikal dan horisontal.
d.
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok dan mendiskusikan artikel tentang 253 Pemenang Undian
Beasiswa Tabungan Mandiri dari Columbia Group dalam buku halaman 93- 94.
e.
Siswa membacakan
hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi
kelas.
f.
Siswa dan guru
membuat kesimpulan atas hasil diskusi.
|
||
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa dan guru
membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.
b.
Siswa mengerjakan
evaluasi dalam buku halaman 95-99.
|
Pertemuan III
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
d.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan
tugas para siswa.
e.
Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan
ulangan blok.
f.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok.
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Siswa mendapatkan
soal-soal ulangan.
b.
Siswa mengerjakan
soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c.
Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.
|
||
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa dan guru
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa.
b.
Siswa diberi
tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.
|
E.
Sumber
pembelajaran:
1. Buku Sosiologi
SMA kelas 2 ESIS halaman 80-99
2. Masalah
perpindahan penduduk di negara Indonesia.
3. Media massa seperti majalah,
koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan
Konsep
5. Power Point
6. OHP
G. Penilaian
1.
Hasil
pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku halaman 82, 85, dan 88.
2. Tugas laporan
wawancara siswa.
3.
Diskusi
kelompok dalam buku halaman 93- 94.
Berikut ini
format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK
PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
Aspek
yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah
skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17
= Cukup
D. Baik Skor 4 6—11
= Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
1.
Aktivitas
dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2.
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3.
Pemikiran 6—8 = Cukup
4.
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5.
Keberanian tampil
Mengetahui: Jakarta, _____________
_____________________
______________________
Kepala Sekolah
SMA
Guru Kelas/Bidang studi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar