RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :SMA Negeri 2 Salatiga
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester :
X I / 2
Standar Kompetensi :
1. Menganalisis kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar :
2. 2. Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural.
Indikator :
·
Mengidentifikasi
kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat.
·
Mengklasifikasikan
kelompok-kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat.
·
Mendeskripsikan dimensi hubungan antarkelompok sosial.
·
Mendeskripsikan
dinamika kelompok sosial di Indonesia.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1.
mendeskripsikan
pengertian kelompok sosial.
2.
mengidentifikasi
tipe-tipe kelompok sosial
3.
mendeskripsikan
dimensi hubungan antarkelompok sosial
4.
mendeskripsikan
dinamika kelompok sosial di Indonesia
B. Materi Pembelajaran
1.
Kelompok
sosial
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
- penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para siswa beberapa
pertanyaan yang berhubungan dengan kebudayaan.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari
kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema kelompok sosial dalam masyarakat.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kelompok sosial dan tipe-tipe
kelompok sosial.
b.
Siswa mengerjakan
tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 139 dan 146.
c.
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok kemudian mereka mendiskusikan perbedaan antar
kelompok sosial, organisasi sosial, dan lembaga sosial!
d.
Siswa membacakan
hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi
klasikal.
e.
Siswa dan guru
menyimpulkan hasil diskusi kelas.
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Siswa dan guru
membuat rangkuman materi tentang kelompok sosial.
b.
Siswa melakukan
post test berupa pertanyaan essey.
c.
Siswa diberi
tugas untuk mengamati masyarakat di daerahnya sendiri kemudia membuat
laporannya. Laporannya bisa dibuat dengan pola yang ada dalam buku halaman
146.
|
|
|
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas laporan pengamatan masyarakat yang ada di daerah
siswa.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan tujuan menjalin
hubungan dalam kelompok sosial.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambaran guru tentang hubungan antarkelompok dalam
masyarakat.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa menjawab
beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kelompok-kelompok sosial yang ada
dalam masyarakat.
b.
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru tentang hubungan antarkelompok dalam
masyarakat.
c.
Siswa mengerjakan
tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 151.
d.
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman
151.
e.
Siswa membacakan
hasil diskusinya di depan kelas.
f.
Siswa dan guru
membuat kesimpulan atau rangkuman tentang materi yang dipelajari bersama.
|
|
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa mengerjakan
latihan atau evaluasi dalam buku halaman 153-156.
b.
Siswa diberi
tugas untuk mencari bahan tentang kelompok mayoritas dan minoritas. Dan
bagaimana pola hubungan kelompok sosial tersebut.
|
|
|
Pertemuan III
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
d.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan
hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya.
e.
Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan
ulangan blok.
f.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok.
|
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Siswa mendapatkan
soal-soal ulangan.
b.
Siswa mengerjakan
soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c.
Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.
|
|
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Siswa dan guru menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa.
b.
Siswa diberi
tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.
|
|
|
E.
Sumber
pembelajaran:
1. Buku Sosiologi
SMA kelas 2 ESIS halaman 136-156.
2. Kelompok-kelompok
sosial dalam masyarakat
3. Media massa seperti majalah,
koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan
Konsep
5. Power Point
6. OHP
G. Penilaian
1.
Hasil
pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
2. Tugas laporan
wawancara siswa.
3.
Test pilihan ganda
dan uraian dalam buku halaman 153-156.
4.
Diskusi
kelompok dalam buku halaman 140 dan 152-153.
Berikut ini
format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK
PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah
skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23
= Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17
= Cukup
D. Baik Skor 4 6—11
= Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
1.
Aktivitas
dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2.
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3.
Pemikiran 6—8 = Cukup
4.
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5.
Keberanian tampil
Mengetahui: Jakarta, _____________
_____________________
______________________
Kepala Sekolah SMA
Guru Kelas/Bidang studi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar